contoh-contoh soal bangun datar layang-layang
Sebelum kita mempelajari soal berikut ini,sebaiknya kita mempelajari terlebih
dahulu materi luas dan keliling layang-layang dan teorema Pythagoras
karena itu merupakan konsep dasar yang digunakan untuk menjawab soal di
bawah ini .
Soal 1
Perhatikan gambar di bawah ini!
Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar di atas merupakan sebuah
layang-layang dengan panjang sisi yang berdekatan berturut-turut adalah 9 cm
dan 12 cm. Hitunglah keliling layang-layang tersebut!
Penyelesaian:
keliling
layang dapat dicari dengan menjumlahkan seluruh sisi layang-layang.
Keliling
= 2 (BC + CD)
Keliling
= 2 (12 cm + 9 cm)
Keliling
= 2 (21 cm)
Keliling
= 42 cm
Soal 2
Perhatikan gambar layang-layang PQRS di bawah ini!
Jika ∠PQR
siku-siku, hitunglah luas layang-layang PQRS tersebut.

Penyelesaian:
Karena ∠PQR siku-siku maka luas
layang-layang tersebut dapat dicari dengan menggunkan rumus luas segitiga, dengan
alas = QR = 18 m dan tinggi = PQ = 13 m. Dari bangun layang-layang PQRS
terdapat dua segitiga siku-siku yaitu ΔPQR dan
ΔPRS dengan luas yang sama, maka
luas layang-layang dapat dicari dengan menjumlahkan dua luas segitiga siku-siku yakni:
Luas PQRS
= Luas ΔPQR + Luas ΔPRS
Luas PQRS
= 2 x Luas ΔPQR
Luas PQRS
= 2 x ½ x QR x PQ
Luas PQRS
= 2 x ½ x 18 m x 13 m
Luas PQRS
= 234 m2
Soal 3
Hitunglah
luas layang-layang yang panjang diagonal-diagonalnya sebagai berikut.
a. 8 cm
dan 12 cm
b. 9 cm
dan 16 cm
c. 15
cm dan 18 cm
d. 13
cm dan 21 cm
Penyelesaian:
a. Gunakan rumus luas layang-layang:
L = ½ x
d1 x d2
L = ½ x
8 cm x 12 cm
L = 48
cm2
b. Gunakan rumus luas layang-layang:
L = ½ x
d1 x d2
L = ½ x
9 cm x 16 cm
L = 72
cm2
c. Gunakan rumus luas layang-layang:
L = ½ x
d1 x d2
L = ½ x
15 cm x 18 cm
L = 135
cm2
d. Gunakan rumus luas layang-layang:
L = ½ x
d1 x d2
L = ½ x
13 cm x 21 cm
L = 136,5
cm2
Soal 4
Perhatikan
gambar layang ABCD di bawah ini.
Jika panjang AC = 24
cm, panjang BC = 20 cm dan luas ABCD = 300 cm2, maka tentukanlah panjang AD
dan keliling layang-layang ABCD.
Penyelesaian:

Penyelesaian:
Untuk
mencari panjang AD terlebih dahulu cari panjang BD dengan menggunkan rumus luas layang-layang yaitu:
L = ½ x
d1 x d2
L = ½ x
BD x AC
300 cm2
= ½ x BD x 24 cm
BD = 300
cm2/12 cm
BD = 25
cm
Sekarang
cari panjang BO dengan rumus teorema Pythagoras yaitu:
BO = √(BC2 - CO2)
BO = √(202 - 122)
BO = √(400 - 144)
BO = √(256)
BO = 16 cm
Sekarang cari panjang DO yaitu:
DO = BD – BO
DO = 25 cm – 16 cm
DO = 9 cm
Dengan
menggunkan rumus Phytagoras maka panjang AD dapat dicari yaitu:
AD = √(AO2 + DO2)
AD = √(122 + 92)
AD = √(144 + 81)
AD = √(225)
AD = 15 cm
Keliling bangun layang-layang ABCD dapat
dicari dengan menjumlahkan seluruh sisi layang-layang tersebut.
keliling
= 2 (AD+BC)
keliling
= 2 (15 cm + 20 cm)
keliling
= 2 (35 cm)
keliling
= 70 cm
Soal 5
Perhatikan
gambar di bawah ini.
Jika diketahui XZ = 9 cm, WZ = 9 cm, dan VZ = 24 cm. Hitunglah
luas layang-layang VWXY.
Penyelesaian:

Penyelesaian:
Dari
gambar tersebut didapat panjang WY = 2 x WZ = 18 cm
Luas VWXY
= Luas ΔVWY – Luas ΔWXY
Luas VWXY
= ½ x WY x VZ – ½ x WY x XZ
Luas VWXY
= ½ x WY (VZ – XZ)
Luas VWXY
= ½ x 18 cm (24 cm – 9 cm)
Luas VWXY
= 135 cm2
Soal 6
Diketahui
luas suatu layang-layang adalah 192 cm2. Jika diagonal d1 dan d2 memiliki
perbandingan d1 : d2 = 2 : 3, tentukan panjang diagonal d1 dan d2.
Penyelesaian:
Untuk
mencari panjang diagonal d1 dan d2 bisa kita gunakan rumus luas layang-layang
yaitu:
L = ½ x
d1 x d2
192 cm2
= ½ x d1 x d2
192 cm2
= ½ x d1 x d2
384 cm2
= d1 x d2
Masing-masing
panjang d1 dan d2 dapat dicari dengan konsep perbandingan dimana d1 : d2 = 2 :
3, maka dapat kita misalkan: d1 = 2x dan d2 = 3x, dengan memasukan ke rumus
luas sebelumnya sehingga di dapat:
384 cm2
= d1 x d2
384 cm2
= 2x x 3x
384 cm2
= 6x2
x2 = 384 cm2/6
x2 = 64 cm2
x = √64 cm2
x = 8 cm
Dengan memasukan kepersamaan tadi maka
panjang d1 dan d2 di dapat:
d1 = 2x = 2.8 cm = 16 cm
d2 = 3x = 3.8 cm = 24 cm
Soal 7
Perhatikan
gambar di bawah ini.
Gambar di atas merupakan sebuah bangun layang-layang PQRS. Jika diketahui panjang PR = 16 cm, QS
= (x + 3) cm, dan luas PQRS = 112 cm2. Tentukan panjang QS.

Penyelesian:
Cari nilai x dengan menggunakan konsep luas layang-layang, yakni:
L = ½ x PR x QS
L = ½ x PR x QS
112 cm2
= ½ x 16 cm x (x + 3) cm
112 = 8x
+ 24
8x = 88
x = 11
Masukan nilai x ke persamaan QS = (x + 3) cm, maka panjang QS yakni:
Masukan nilai x ke persamaan QS = (x + 3) cm, maka panjang QS yakni:
QS = (x
+ 3) cm
QS = (11
+ 3) cm
QS = 14
cm
Jadi panjang QS adalah 14 cm.
Jadi panjang QS adalah 14 cm.
Soal 8
Perhatikan
gambar di berikut ini.
Diketahui titik K, L, M, dan N masing-masing adalah titik tengah
dari PQ, QO, RO, dan SO. Jika panjang 2QS = 3PR dan luas layang-layang
PQRS adalah 60 cm2. Tentukan perbandingan luas PQRS dengan KLMN.

Penyelesaian:
Dari
soal diketahui:
2QS =
3PR
QS = 3PR/2
Cari panjang PR dengan rumus luas layang-layang, yakni:
Cari panjang PR dengan rumus luas layang-layang, yakni:
Luas = ½
x PR x QS
60 cm2
= ½ x PR x 3PR/2
60 cm2
= 3PR2/4
PR2
= 80 cm2
PR = 4√5 cm
Sekarang cari panjang QS, yakni:
Sekarang cari panjang QS, yakni:
QS = 3PR/2
QS = 3.
4√5 cm/2
QS = 6√5 cm
Karena
layang-layang KLMN merupakan setengah diagonal layang-layang PQRS maka:
NO = ½ x
6√5 cm =
3√5 cm
OP = ½ x
4√5 cm =
2√5 cm
maka
luas layang-layang KLMN adalah:
Luas = ½
x NO x OP
Luas = ½
x 3√5 cm x 2√5 cm
Luas = 15
cm2
Luas
PQRS : Luas KLMN = 60 cm2 : 15 cm2 = 2 : 1
oke wiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttt
BalasHapuscontoh soal yg bagus, alangkah lebih baiknya lagi diberi materi penjelasan rumus terlebih dahulu.
BalasHapusmateri bagus lengkap dengan contohnya
BalasHapusyumi@ kan saya hanya membahas tentang contoh soal,,, otomatis sebelum kita sudah tau rumus2nya yang seperti apa.... d atas kan saya sudah jelaskan klw kita harus terlebih dahulu mempelajari materiny,, :) makasih
BalasHapusbagus-bagus-bagus....
BalasHapustambah lagi soalnya :)
iya dez,,, makasih sarannya :)
Hapusbgus n ckup menarik,,,,,,,
BalasHapusbelajar dari kumpulan soal...
BalasHapussippp
keren postingannya, postingan selanjutnya di tunggu ya. :)
BalasHapusWah cakep2 soal2 selajtnya ditnggu ya mbk, tpi menrt saya lebh baik dikasih rangkuman materinya sedkit mbk, biar lebh mdah lgi belajarnya,,,
BalasHapus