Senin, 15 Juni 2015

Menghitung ALJABAR  dengan  mudah SMP kelas VII


            Aljabar adalah mempunyai banyak persamaan dengan aritmatik. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, seperti penjumlahan, pengurangan,perkalian, pembagian, simbol yang telah kita gunakan dan cara dalam menyelesikan soal,semoga berguna dalam mempelajari contoh soal dibawah ini. Ada dua hal yang membedakan antara aritmatik dan aljabar. Salah satunya adalah penggunaan huruf untuk melambangkan angka, dan kita akan melihat dalam contoh
berikut yang membuat penyelesaian soal menjadi lebih mudah.



 Contoh – Contoh soal

1.      Jika dua bilangan selisihnya adalah 48, dan angka yang satu adalah lima kali dari angka yang lain, bilangan berapakah itu?

Penyelesaian:

Misal x= bilangan yang lebih kecil;                                                      

maka  5x= bilangan yang lebih besar,       
5x - x= 48,        
4x= 48;

dengan demikian  x= 12,        
5x= 60.
Bilangan tersebut adalah 12 dan 60



.         2.  Ada tiga angka yang apabila di jumlahkan adalah 96. angka yang ke dua adalah tiga kali dari angka yang pertama. angka yang ke tiga adalah empat kali dari angka yang pertama. Bilangan berapakah itu?


Penyelesaian:
Misal x= angka yang pertama,
3x= angka yang ke dua,
4x= angka yang ke tiga.
x +3x +4x= 96
8x= 96
x= 12
3x= 36
4x= 48
Bilangan tersebut adalah 12, 36, dan 48.



3.      Bagilah angka 126 menjadi dua bilangan sehingga bilangan yang pertama selisihnya adalah 8 dari bilangan yang lain

Penyelesaian:
Misal x= bilangan yang lebih kecil,
x +8= bilangan yang lebih besar;.
x + x +8= 126
2x +8= 126
2x= 118
x= 59
x +8= 67
Bilangan tersebut adalah 59 dan 67.

4.        Jumlah dua bilangan adalah 25.  tiga kali bilangan yang lebih kecil dikurangi bilangan yang lebih besar adalah 3 . Bilangan berapakah itu?

Penyelesaian:
Misal x= bilangan yang lebih kecil,
3x - 3= bilangan yang lebih besar.
x +3x - 3= 25
4x - 3= 25
4x= 282
x= 7
3x - 3= 18

Bilangan tersebut adalah  7 dan 18.
 



        5.      Ari akan membeli  apel  dan jeruk. Uang Ari 78 cent. jumlah jeruk yang mau dibeli dua kali dari jumlah apel. harga apel adalah 3 cent per buah. dan harga jeruk 5 cent per buah. berapakah jumlah masing masing buah yang bisa dibeli Ari?

Penyelesaian:
Misal 
x =  jumlah apel,
2x = jumlah jeruk,
3x =  harga semua apel,
10x =  harga semua jeruk.
3x +10 x =  78
13x =  78
x =  6
2 x = 12
Ari membeli  6 apel dan 12 jeruk.



 6.      Bagilah bilangan 72 menjadi dua bilangan, sehingga bilangan yang satu menjadi satu per delapan dari bilangan yang lain.

Solusi.
Misal  x = bilangan yang lebih besar,
1/x = bilangan yang lebih kecil,
x + 1/x =72
9/x =72
1/8 x =8
x =64

 Bilangan tersebut adalah 64 dan 8.
  

Semoga bermanfaat :)


14 komentar:

  1. Bagus sekali, Aljabar materi matematika yg menarik ..cuma saran saya d tambah lagi materiny biar yg makin paham...ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) terimakasih mbk,,, iya mbk,,, nnti di perbaiki lagi untuk postingan selanjutnya :)

      Hapus
  2. Kunjungi blog saya ya desisriutami.blogspot.com

    BalasHapus
  3. saya mau tanya dek ,, kegunaan aljabar di kehidupan sehari2 ada tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ka,,, contohnya bagi rumah tangga memanajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll. Contoh memanajemen uang bla bla bla bagi Ibu Rumah Tangga:
      Seorang Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 1.500.000,00. Ia diberi uang tambahan dari suaminya sebesar Rp 500.000,00 per bulan. Dibutuhkan Rp 200.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 1.000.000,00. Sang Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk kedua anaknya per minggu tetapi uang per bulannya masih tersisa Rp 200.000,00 untuk ditabung. Jika Ibu itu pintar Aljabar, maka Ibu itu dapat menentukan uang saku tersebut secara tepat, kalau tidak????

      Hapus
  4. Mterinya sangat membantu dek,
    Tp sdikit sarn pada pnjelasan adek mngenai prbedaan antara aritmatik dan aljabar. Salah satunya adalah penggunaan huruf untuk melambangkan angka sdikit rancuh, sbaiknya kalimat penggunaan huruf untuk mlambangkn angka d ganti dgn menggnakan variabl peubah untk mwakili atau mlambngkn suatu nlai atau bilangn. hanya sran he,he :D maaf kmntarny kpanjangn

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) iya mbk,,,, makasih sarannya.. lain kali semoga lebih baik :)

      Hapus
  5. Sudah bagus wid materinya sudah jelas mudah dipahami oleh anak kelas VII begitupun dengan contohnya.trims☺

    BalasHapus
  6. penjelasannya bgus pas banget ini untuk dijadikn referensi kalau belajar :) sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  7. oh ya buk guru ada sedikit saran untuk para anak matematika lebih baik untuk mengindari penggunaan per dengan garis miring seperti yg di no 6
    Solusi.
    Misal x = bilangan yang lebih besar,
    1/8 x = bilangan yang lebih kecil,
    x + 1/8 x =72
    9/8 x =72
    1/8 x =8
    x =64 itu bisa diartikan 1 atau 8 bisa juga diartikan 1 per 8 jadi agak sedikut rancuh :)

    BalasHapus
  8. iya mbk,, terimakasih saranya,,, nany diperbaiki lagi,,, :)

    BalasHapus